logo media balangan | MB Install this site on your device

Cara Meningkatkan Loading Website

Halo sobat mediabalangan.com, kali ini kita akan membahas Cara Meningkatkan Loading Website, tentunya website yang cepat sangat disukai oleh pengunjung tidak hanya itu mesin pencari sekalipun menyukainya supaya website kalian berada di posisi nomor satu pencarian google atau sumber mesin pencari lainnya.

Sebetulnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website, kali ini akan kita bahas bersama.

  1. Hapus Penggunaan Plugin yang Tidak Perlu
  2. Gunakan Content Delivery Network (CDN) Untuk Mempercepat Waktu Loading Situs Web
  3. Monitoring Bandwidth Dan Kapasitas Penyimpanan
  4. Gunakan Format Gambar yang mendukung kompresi salah satunya format WebP
  5. Hilangkan Sumber Daya Yang Dapat Memblokiran Render
  6. Gunakan Pengoptimalan Platform Otomatis Cloudflare
  7. Buat Halaman Seluler yang Dipercepat
  8. Optimalkan Gambar Anda Sebelum Mengunggah

Untuk mengukur seberapa cepat loading website kalian, ada bebrapa situs untuk mengukur performa dari situs kalian, salah satu yang mimin rekomendasikan adalah https://pagespeed.web.dev merupakan alat pengukur performa web yang dibuat oleh pengembang google.

Cara Meningkatkan Loading Website

Cukup dengan mengisi url halaman yang akan kalian cek performanya, kemudian klik pada tombol analisis, maka akan secara otomatis dianalisa oleh tools google tersebut. 

Disana akan menampilkan informasi yang menyebabkan website kalian lambat atau cepat. Jika rata-rata score yang diperoleh di atas 90 (warna hijau) berarti situs kalian sudah sangat bagus dan baik untuk dipertahankan. 

Jika situs kalian dengan score 80 kebawah (warna kuning) sampai score 10 (warna merah) sebaiknya segera lakukan pembenahan pada situs kalian.

Berikut ini tips bagi kalian yang memiliki score dibawah 80 yang wajib dicoba agar website menjadi lebih cepat:

1. Hapus Penggunaan Plugin yang Tidak Perlu

Cara mudah untuk mempercepat waktu loading situs anda adalah menghapus plugin yang tidak perlu. Terlalu banyak plugin, aktif dan tidak aktif, dapat memberikan dampak negatif pada kecepatan situs web Anda. 

Ketika Anda melakukan audit plugin, tentukan plugin mana yang benar-benar perlu disimpan dan dihapus yang tidak berguna dalam jangka panjang. Dengan demikian, tidak ada jumlah yang pasti dari jumlah plugin yang baik karena pada akhirnya tergantung pada jenis plugin yang telah Anda aktifkan. 

Jadi, penting untuk memperhatikan bagaimana plugin mempengaruhi kinerja situs Anda setelah diaktifkan menggunakan alat pengujian kecepatan. 

Selain itu, jika sebuah plugin memiliki fungsi yang Anda butuhkan, tetapi menghalangi situs Anda, mungkin plugin dapat ditukar dengan plugin yang lebih cepat.  

2. Gunakan Content Delivery Network (CDN) Untuk Mempercepat Waktu Loading Situs Web

CDN (jaringan pengiriman konten) bekerja dengan menampung file media di seluruh jaringan server yang besar di seluruh dunia. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat waktu pemuatan halaman web. 

Ini dapat mengurangi jumlah permintaan yang dibuat oleh situs web dan menyimpan bandwidth hingga 60%. 

Dengan CDN, Anda menyimpan situs Anda di server jaringan global. Misalnya, jika pengunjung dari Kanada mengunjungi situs Anda, browser mereka dapat mengunduh file dari server terdekat. 

CDN tidak hanya dapat mempercepat waktu pemuatan tetapi juga melindungi situs web dari serangan online. Saya akan sangat merekomendasikan ini! 

3. Monitoring Bandwidth Dan Kapasitas Penyimpanan

Dengen Meningkatkan Kapasitas Server dapat membantu mempercepat waktu web halaman terbuka. Inti Web Google Vital, disebabkan server lambat adalah masalah umum karena tidak lulus skor cat contentful (LCP) terbesar dimuat oleh situs web. 

4. Gunakan Format Gambar yang mendukung kompresi salah satunya format WebP 

Memang untuk saat ini format gambar yang paling populer dan memberikan kualitas lebih bagus adalah JPEG dan PNG tetapi format WEBP ini yang telah dikembangkan oleh Google itu sendiri pada tahun 2010. 

Format Webp akan memberikan kompresi lossless (lebih tinggi pada gambar dan ukuran menjadi lebih kecil) hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan halaman web Anda dan kinerja keseluruhan dibandingkan dengan format gambar lainnya. 

5. Hilangkan Sumber Daya Yang Dapat Memblokiran Render

Sebagian besar situs web mengirim URL situs web mereka ke Alat Uji PageSpeed ​​Google untuk melihat rekomendasi agar "Melepaskan Sumber Daya yang memblokir render pada suatu halaman".

Meskipun ini mungkin terdengar agak rumit, tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk mengurangi dampak URL yang memblokir render. 

6. Gunakan Pengoptimalan Platform Otomatis Cloudflare

Salah satu cara termudah untuk mempercepat situs web Anda, yang dapat gunakan pada semua situs web, adalah CloudFlare (Pengoptimalan Platform Otomatis).

Jika Anda memiliki paket CloudFlare Pro, bisnis, atau perusahaan, maka layanan baru ini termasuk gratis.

Untuk orang yang menggunakan paket CloudFlare gratis, hanya $5 per bulan. Langganan jenis ini akan menggunakan kekuatan jaringan edge cloudflare untuk men-cache situs Anda dengan cara yang jauh lebih efektif dari pada hanya CDN (pengiriman koten melalui jaringin).

Menggunakan layanan ini akan secara dramatis meningkatkan kecepatan loading web karena sangat penting untuk Google akan segera dipertimbangkan sebagai bagian dari algoritma peringkat mereka.

Jika situs Anda diberdayakan oleh WordPress ataupun Blogger maka pengaturannya sangat mudah hanya dengan menginstal plugin CloudFlare secara gratis dan mengaktifkannya atau mendaftar langsung pada situs reminya yaitu https://cloudflare.com.

7. Buat Halaman Seluler yang Dipercepat

Accelerated Mobile Pages (AMPs) adalah proyek sumber terbuka yang dipelopori oleh Google untuk membuat web lebih cepat.  

Halaman yang dibuat dengan teknologi ini dimuat secara instan di perangkat seluler. Meskipun memiliki konten yang sama dengan halaman aslinya, mereka menghilangkan elemen yang tidak perlu dan memiliki pengembangan yang lebih ringan dan sederhana, yang mempercepat kecepatan situs web.  

Untuk membuat AMP untuk situs web Anda, Anda dapat menggunakan plugin AMP for WordPress, yang memungkinkan Anda membuat halaman dari template seluler yang berbeda, tanpa harus merubah kode. 

8. Optimalkan Gambar Anda Sebelum Mengunggah  

Mengoptimalkan gambar sebelum Anda mengunggahnya ke situs Anda adalah kunci untuk mengurangi waktu pemuatan halaman web Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan cara mengubah ukuran gambar (kompresi gambar) semaksimal mungkin tetapi kualitas tetap jelas, sehingga menjadi ukuran yang tepat yang dimuat untuk halaman Anda. 

Perkenalkan saya seorang penulis dan personal desainer

Posting Komentar

Silahkah Isi Komentar Disini