logo media balangan | MB Install this site on your device

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Sering menemui laptop anda dalam keadaan panas ? hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop tersebut dan salah satu faktor membuat laptop menjadi lemot. 

Bahkan dapat mengalami kerusakan pada laptop yang diakibatkan dari ada salah satu komponen yang terbakar akibat tinggi nya suhu panas. 

Berikut ini kami rangkum bebeberapa tips agar laptop dapat menurunkan suhu panas dan memberikan kinerja laptop lebih stabil.

Table of Contents

Sebelum kita masuk ke topik utama untuk mengetahui cara mengatasi laptop cepat panas, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui sebab-sebab suhu laptop menjadi naik dan menyebarkan panas pada beberapa area laptop.

Penyebab Laptop Panas

Dalam mengerjakan pekerjaan menggunakan laptop kadang-kadang dapat diselesaikan dalam beberapa jam. Bermain game berat atau ringan dalam jangka waktu cukup lama dan nonton video juga seakan membuat waktu berlalu dengan sangat cepat, hal ini jua termasuk dalam kategori membuat laptop menjadi panas.

Bahkan, melebihi dari kemampuan normal laptop pada umumnya hanya 3 jam. Berikut ini kami sampaikan beberapa hal penyebab laptop cepat panas.

1. Penempatan laptop yang tidak tepat

Penyebab pertama laptop menjadi panas cepat adalah kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan tanpa kita sadari. 

Saat menggunakan laptop terkadang meletakkannya di tempat kasur atau bantal tanpa ruang udara dibagian bawah. 

Menggunakan laptop sambil berbaring atau bermalas-malasan itu bagus. Tetapi sebagai hasilnya sirkulasi udara pada perangkat terhambat oleh kasur atau bantal. 

Komponen dalam perangkat juga menjadi panas dan kotoran yang lebih cepat dapat menumpuk di berbagai tempat, seperti prosesor heatsink.

2. Therma paste yang kering

Hal kedua yang dapat menyebabkan panas pada laptop yaitu pada area prosesor. Therma Paste adalah gel yang ditempatkan di bagian atas prosesor. 

Fungsinya adalah mengurangi suhu panas yang dihasilkan oleh komponen. 

Seperti kita ketahui bahwa prosesor adalah salah satu komponen panas tercepat dari laptop. Pada penggunaan laptop untuk waktu yang lama, pasta Therma bisa kering. 

Dengan mengeringkan gel, kemampuan untuk mengurangi panas dari prosesor akan berkurang. 

3. Kipas Laptop

Kipas adalah bagian yang sangat penting dari pendingin komponen laptop. Kipas ini akan menghantarkan suhu panas dan membawa udara baru yang lebih dingin. 

Karena fungsi kipas sangat berpengaruh terkadap kinerja yang maksimal. Apabila kipasnya tidak berfungsi dengan baik, dapat dipastikan bahwa penyebaran sirkulasi udara pada laptop tidak akan berjalan dengan lancar dan laptop menjadi panas lebih cepat.

Ada beberapa penyebab lain yang dapat menghambat pekerjaan pada kipas. Di antaranya adalah tumpukan kotoran dan debu yang membuat kipasnya lambat.

Cara Menjaga Agar Suhu Laptop Tidak Panas

Masuklah kita ke sesi inti, setelah mengetahui penyebab laptop menjadi panas lebih cepat, sekarang kami akan mencoba membahas solusi yang dapat dilakukan. Simak beberapa penjelasan berikut ini:

1. Letakan Laptop Pada Permukaan Yang Datar

Letakan Laptop Pada Permukaan Yang Datar

Untuk memastikan aliran udara berjalan dengan lancar, letakkan laptop Anda di permukaan yang datar, bersih, dan keras, dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

Anda dapat meletakkan laptop Anda dengan pemegang laptop atau stand. Beberapa dudukan laptop juga sangat baik untuk memfasilitasi aliran udara, karena dilengkapi dengan kipas built-in.

2. Cek Fungsi Kipas

Cek Fungsi Kipas

Caranya adalah dengan menempatkan tangan Anda tepat di sebelah ventilasi kipas. Kini anda akan mengetahui apakah kipas laptop dapat berfungsi dengan normal atau tidak.

Jika kipas laptop dapat berfungsi dengan baik, Anda akan merasakan udara panas keluar. Tetapi jika Anda hanya merasa sedikit atau tidak sama sekali, mungkin ada penumpukan debu di kipas angin. 

Tidak hanya itu, bisa jadi mesin kipas laptop Anda telah rusak. Jika seperti ini, Anda harus segera menggantinya atau pergi ke tempat perbaikan laptop.

3. Letakan Laptop Pada Stand Cooling Mat

Letakan Laptop Pada Stand Cooling Mat

Jika anda mempuyai Stand dengan Cooling Mat yang dapat anda gunakan sebagai alas. Pendingin Laptop (Cooling Mat) adalah aksesori yang dirancang untuk ditempatkan di bawah laptop dan terhubung melalui kabel USB. Ini membantu mengurangi suhu laptop Anda sehingga tidak terlalu panas.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi laptop yang panas agar mengatur, pengaturan LCD sehingga pencahayaan menjadi minimal dapat membantu mengurangi overheat. Cara ini sangat bagus dikombinasikan dengan Cooling Mat, agar suhu panas yang diakibatkan dari software dapat terjalurkan panasnya dengan dibantu alat pendingin laptop.

4. Jangan Pakai Laptop Sambil di Charging

Saat menggunakan laptop saat masih charge, ini akan mengakibatkan panas yang dihasilkan dari komponen internal baterai pengisian daya. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan laptop yang masih dicharge.

5. Suhu

Suhu juga mempengaruhi laptop Anda. Ketika ruang dengan suhu tinggi, suhu laptop juga akan tinggi. Tetapi jika suhu kamar rendah atau terlalu lembab, ini dapat menyebabkan kondensasi internal dan merusak komponen listrik. 

Maka penting bagi Anda untuk memperhatikan suhu tempat anda bekerja. Dengan suhu sekitar 50-95 derajat Fahrenheit atau 10-35 derajat Celcius adalah kisaran suhu yang aman untuk laptop digunakan.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, kalian sudah tahu apa penyebab dan cara mengatasi suhu laptop cepat panas. Hal penyebab tersebut dapat kalian hindari dan coba praktekan beberapa cara mengatasinya, mungkin sekian artikel mimin buat kali ini.

Perkenalkan saya seorang penulis dan personal desainer

Posting Komentar

Silahkah Isi Komentar Disini