logo media balangan | MB Install this site on your device

Cara Memilih Laptop yang Berkualitas dan Cocok Untuk Menemani WFH

Cara Memilih Laptop yang Berkualitas dan Cocok Untuk Menemani WFH

mediabalangan.com - Selain digunakan untuk mengetik berbagai dokumen, laptop juga dilengkapi dengan kemampuan lain yang dapat mendukung hobi dan pekerjaan seseorang. Mulai dari mengedit foto dan video, mendesain desain, mencari hiburan.

Kinerja dan Kualitas laptop sangat penting untuk diperhatikan, apalagi berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan yang sangat diperlukan seperti di kantoran maupun di perusahaan yang banyak menggunakan teknologi laptop sebagai peran utama mendukung pekerjaan.

Bagi pekerja kantor atau siswa, laptop telah seperti menjadi kebutuhan utama, terutama pada saat WFH saat ini. Laptop telah menjadi perangkat yang memiliki fungsi lengkap, baik untuk bekerja, belajar dan hiburan.

Hingga saat ini ada banyak laptop yang tersedia di pasaran. Harga dan model juga beragam. Nah, jika kalian berniat membeli laptop baru untuk menemani belajar online (WFH) di rumah, di sini kami memberikan lima tips untuk membeli laptop baru.

You may want to read this post :

1. Sesuaikan Dengan Keperluan Pengguna

Sebetulnya laptop yang menurut kita bagus dan berkualitas adalah laptop yang sesuai dengan keperluan kita, jika keperluan kita dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat hal tersebut berarti laptop tersebut berkualitas dan cocok untuk kita (menurut mimin ya)

Berikut ini mimin sampaikan memilih laptop sesuai dengan kebutuhan atau keperluan kita.

a) Laptop Untuk Kantoran

Untuk kebutuhan ringan seperti menjelajah internet, mendengarkan musik, Nugas, atau hanya bermain game ringan. Tidak memerlukan spesifikasi tinggi, cukup untuk memenuhi kebutuhan - kebutuhan terkait dengan kantoran saja, asalkan ada microsoft dan digunakan lancar tanpa menghambat pekerjaan udah sangat bagus digunakan.

b). Laptop Untuk Gamer

Anda menggunakan lebih banyak untuk kebutuhan untuk memainkan game berat, dengan jangka waktu yang lama, membutuhkan kinerja yang stabil, kualitas tampilan yang jelas dan tajam. 

Sesekali menggunakan film menonton dengan kualitas tinggi seperti Blueray. Sangat diperlukan memilih dengan spesifikasi yang tinggi juga, misalnya RAM minimal 16 GB, Storage minimal 1 TB dan Prosesor yang mempuni juga kya ryzen 9 sama intel core terbarunya.

c). Laptop Untuk Desainer

Kalau menurut mimin laptop desainer ini termasuk kelas menengah sudah sangat cukup, yang penting kualitas grafis yang dihasilkan oleh laptop 100% harus berkualitas tinggi karna desainer lebih banyak menggunakan warna dan ketajaman agar tidak salah warna hehe.

2. Cara Memilih Laptop yang Berkualitas

Mungkin disini mimin hanya akan menjelaskan garis besarnya saja, itupun menurut mimin akan sangat jelas buat kalian pahami. Berikut ini garis besar dalam memilih laptop yang berkualitas :

a) Ukuran Laptop

Laptop biasanya memiliki layar 12,5 inci hingga 13,3 inci. Laptop semacam ini memiliki berat 1 kg hingga 1,5 kg. Meski begitu, sangat jarang untuk laptop dengan ukuran ini memiliki spesifikasi yang benar-benar cepat. Anda tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 pada perangkat kecil ini.

b) Spesifikasi

Dua vendor prosesor yang paling dapat diandalkan saat ini, yaitu Intel dan AMD. Keduanya juga memiliki berbagai varian produk prosesor yang dihargai dari satu juta hingga puluhan jutaan rupiah.

Misalnya, laptop yang banyak digunakan untuk mengetik dan menelusuri cukup untuk menggunakan Intel Core i3. Jika Anda ingin mengedit video 4K, dibutuhkan Intel Core i7.

RAM juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop. RAM yang lebih besar, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan lebih besar. Saat ini, Windows 10 membutuhkan RAM setidaknya 8GB.

Sebagian besar laptop tidak dilengkapi dengan VGA tambahan. Memang, sebagian besar prosesor telah dilengkapi dengan chip grafis yang cukup baik. Meski begitu, jika Anda akan memainkan banyak game, Anda harus memilih laptop yang dilengkapi dengan VGA tambahan karena akan lebih kuat.

Yang terakhir adalah kapasitas media penyimpanan. Tentu saja, semakin besar kapasitas media penyimpanan, semakin banyak file yang dapat Anda hemat. Meski begitu, Anda masih bisa mengakali laptop kapasitas penyimpanan kecil dengan membeli penyimpanan eksternal.

c) Desain Body

Memang, desain futuristik membuat orang melirik. Meski begitu, hal yang sebenarnya harus dipertimbangkan adalah ketahanan, terutama di engsel. Apakah desainnya padat dan tangguh?

d) Daya Tahan Baterai

Perlu kalian ketahui, resistansi baterai agak sulit diukur karena tergantung pada penggunaan laptop, appilcation yang dijalankan, dan jenis prosesor yang digunakan. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membaca berbagai ulasan tentang laptop yang ingin Anda beli.

Pastikan juga Anda dapat mengurus baterai laptop sehingga kinerja tetap oke. Misalnya, jangan mengenakan biaya terus-menerus, tidak menunggu sampai baterai habis atau 0%, baru dibebankan, atau mengisi daya laptop dalam keadaan mati.

e) Koneksi yang mendukung

Di era Industri 4.0 atau era Teknologi, kebutuhan WiFi jelas merupakan yang utama. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari laptop dengan konesi yang mendukung. 

Selain dilengkapi dengan koneksi WiFi, setidaknya, pilih laptop yang memiliki tiga port USB. Dan yang tidak kalah penting memiliki port pendukung lainnya seperti LAN dan HDMI / VGA.

Namun, perlahan beberapa konektivitas yang awalnya penting mulai menghilang, karena desain laptop menjadi semakin tipis. 

Mulai banyak produsen yang membuat model laptop ultrabook tipis dan minimal, tetapi dilengkapi dengan USB Type-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3). Solusinya, Anda masih dapat menggunakan dongle sebagai ekstensi port langka.

Kesimpulan

Sampailah kita pada kesimpulan, menurut mimin dalam memilih laptop yang pasti sesuai dengan kebutuhan kita, tanpa perlu memilih spek yang tinggi tetapi terlalu berlebihan cuma untuk hal-hal kecil cukup dengan laptop kelas menengah sudah sangat bagus dalam menemani pekerjaan kita. 

Kecuali kita memang membutukan tenaga yang besar untuk mampu menunjang pekerjaan yang besar juga.

Perkenalkan saya seorang penulis dan personal desainer

Posting Komentar

Silahkah Isi Komentar Disini